Senin, 30 Mei 2016

Tingkatkan Moralitas Generasi Penerus Bangsa Dengan Kebermaknaan Tiap Pembelajaran Formal, Nonformal, dan Informal (Rohaniyah Kelas B)



Meningkatkan Moralitas

            Dunia pendidikan menjadi sorotan. Pendidikan mencetak generasi yang cerdas secara intelegensi, emosional, dan spiritual. Apa jadinya bila pembangunan di Indonesia tidak dibarengi dengan pembangunan di bidang pendidikan moral? Oleh karena itu, untuk pencegahannya, pendidikan harus dijadikan salah satu prioritas dalam pembangunan negeri ini. Permasalahan yang terjadi di tengah keadaan global sekarang ini adalah adanya penurunan atau degradasi moral yang terjadi di kalangan peserta didik.
            Kualifikasi yang tinggi tersebut harus dilengkapi dengan kepribadian yang berkualitas luhur, untuk itu orientasi pendidikan yang selama ini bernuansa keduniaan semata perlu dilenqkapi dengan nuansa keagamaan, terutama nuansa yang memegang erat nilai moral. Kesenjangan antara kedua kompetensi tersebut menandakan bahwa telah terjadi distorsi dalam proses pembelajaran baik di rumah, sekolah, tujuan (visi misi pendidikan), kurikulum, masyarakat, dan peserta didik itu sendiri .
            Bagi sektor pendidikan, sudah saatnya membuat inovasi cerdas dalam sistem pendidikan. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Moralitas adalah sifat moral atau keseluruhan asas dan nilai yang berkenaan dengan baik dan buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar